Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Bermanfaat Tentang Cara Ternak Lovebird

Bagi anda penggemar burung hias jenis Lovebird, berikut ini ada informasi serta tips bermnfaat tentang cara ternak Lovebird yang telah penulis himpun dari berbagai sumber. Lovebird atau bahasa Indonesianya lazim dikenal sebagai burung cinta, bisa dibilang sebagai jenis baru dari tipe burung hias. Lovebird adalah salah satu burung hias dari ordo Psittaciformes dan genus Agapornis.

Cara Ternak Lovebird

Lovebird istimewa karena warna bulunya yang cerah dan cantik sehingga membuat siap saja kagum jika melihtanya. Sebenarnya Lovebird bukan burung asli Indonesia, burung cantik nan mungil ini adalah fauna endemik Madagaskar yang telah menyebar hingga ke seluruh dunia termasuk di negara kita tercinta ini. Lovebird kini juga berkembang menjadi ajang bisnis karena jika dijual, burung cantk ini berharga lumayan mahal sehingga sangat tepat bagi anda yang ingin menjadikannya sebagai bisnis sampingan.

Lalu bagimanakah cara ternak Lovebird yang baik dan benar itu?

  • Perispkan dulu kandang Lovebird nya. Nah sebelum anda membeli atau memilih indukan, persiapkan dahulu kandang yang tepat. Untuk sepasang Lovebird, kandang besi berukuran 50x50x50 cm serta tempat telur dari kayu berukuran 25x20x25 cm serta tenggeran sudah cukup memadai.
  • Persiapkan juga untuk memilih indukkan yang tepat. Memilih indukkan Lovebird yang baik itu memang gampang-gampng susah. Apalagi Lovebird jantan dan betina sangat susah untuk dibedakan. Namun ada cara yang bisa anda gunakan untuk membedakaknya. Cobalah raba tulang Lovebird nya, jika tulang terasa lunak dan renggang maka itu adalah Lovebird betina. Sebaliknya jika tulang terasa keras dan rapat biasanya itu adalah Lovebird jantan.
  • Ketahui usia produksi Lovebird. Lovebird umumnya bisa bertelur saat usianya 8 bulan. Namu jika anda ingin menjadikannya indukan, pilihlah Lovebird yang sudah berusia sekitar 1 tahun.
  • Lakukan perjodohan. Lovebird adalah burung setia saja kepada satu pasnaganya hingga akhir hayatnya. Oleh karena itu saat menjodohkan Lovebird, letakkan dulu dua burung tersebut dalam sangkar berbeda. Nah setelah 6-7 hari maka Lovebird sudah siap untuk disatukan dalam satu sangkar.
  • Siapkan kotak sarang disangkar sebagai tempat Lovebird bertelur. Jangan lupa letakkan juga alas pengeraman agar Lovebird menaruh telur mereka di kotak sarang tersebut sehingga telur lebih aman dan terjaga saat dierami.
  • Lovebird umumnya akan mengerami telurnya selama 21-23 hari kemudian menetaskannya. Namun jangan kaget karena proses penetassan satu anak burung bisa berlangsung selama 24 jam dan ini normal terjadi.

Bagimana? Tidak begitu sulitkan cara ternak Lovebird si burung setia cantik ini?