Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memperindah Ruang Tamu Saat Hari Raya Idul Fitri

 Tips Memperindah Ruang Tamu Saat Hari Raya Idul Fitri
Tipscarabuat.blogspot.com - Mempercantik / Memperindah Ruang Tamu Saat Lebaran
Ruang tamu kurang sedap dipandang? Hal ini memang seringkali terjadi, kondisi ruang tamu terlihat berantakan dan lebih mirip dengan “kapal pecah”. Hal ini terjadi kemungkinan bisa terjadi dikarenakan salah dalam menempatkan berbagai barang dan keperluan dalam posisi yang kurang tepat. 


Nah, bagi anda yang ingin merapikan tampilan ruang tamu, simak tips memperindah ruang tamu berikut ini:

- Sortir lah barang yang tidak terpakai.
Barang-barang berukuran besar dan terlihat menumpuk dan jarang digunakan sebaiknya dipindahkan ke gudang.

- Sesuaikan Furniture dengan luas ruangan Anda
Bagi Anda yang memiliki rumah mungil, sebaiknya menggunakan furniture mninimalis agar ruagan bisa terlihat luas.

- Hiasan interior yang pas
Agar ruang tamu selalu terlihat baru, pajang hiasan segar dan menarik untuk mewarnai sudut ruangan.

- Gunakan Pengharum ruangan
Untuk menciptakan suasana yang segar, usahakan untuk menghadirkan wewangian pada ruangan tersebut dengan menaruh pengharum yang tahan lama.


Cara Mempercantik Ruangan Saat Hari Raya Idul Fitri
Mempercantik kamar atau ruangan sepertinya bukan hal yang mudah. Untuk mendekorasi ruangan seperti kamar tidur, ruang makan atau ruang tamu dibutuhkan ide dan kreativitas yang selaras. Walau begitu, mempercantik ruang sebenarnya bukan hal sulit. Anda pun bisa melakukannya sendiri asalkan tahu panduannya. Nah..berikut adalah 7 tip menarik dari Julie Mihaly yang dapat dijadikan panduan mempercantik ruangan Anda.

1. Bikin koleksi dadakan

Mulailah menyeleksi atau mengumpulkan benda-benda sejenis di rumah Anda  Tempatkanlah benda-benda tersebut di satu lokasi untuk menciptakan koleksi dadakan. Koleksi ini dapat mengundang perhatian dan mungkin menjadi barang berharga yang sebelumnya tak pernah Anda pikirkan.

2. Hindari pola simetris

Simetris memang memberi kesan teratur dan kalem pada suatu ruang, namun jika berlebihan pun dapat membuat ruang menjadi terasa kaku dan statis. So, buatlah penataan yang lebih fleksibel.  Jika furnitur Anda disusun secara simetris, pasanglah hiasan dinding secara asimetris, atau tempatkanlah secara lebih bebas.

3. Atur penggunaan ruang

Tentukan penggunaan sebuah ruang dengan cara mengatur posisi furnitur. Tempatkanlah posisi kursi lebih dekat dengan area tempat mengobrol atau bercengkrama. Di ruang keluarga, Anda juga dapat membuat pola trafic yang sifatnya non-intrusif saat Anda menyusun posisi furnitur. Ini penting agar Anda tetap nyaman dan tak terganggu oleh aktivitas lainnya misalnya saat menonton TV.

4. Jangan ada sudut kosong

Jangan biarkan ada salah satu sudut ruang di rumah yang tampak luas atau lega sehingga membuat tatapan mata menjadi kosong.  Isilah sudut tersebut dengan beragam cara mulai dari memajang rangkaian foto keluarga,  menempatkan kursi yang nyaman; pot bunga atau tumbuhan atau mengisinya dengan lampu sudut yang menarik.

5. Semarakkan dengan Bunga

Bunga akan memberi kesan yang indah dan semarak pada ruangan.  Namun Anda tak perlu harus selalu menyediakan karangan bunga. Pakailah vas atau gelas berisi air sebagai wadah ranting berdaun, tumbuhan paku atau, jenis tumbuhan lainnya. Ranting-ranting, bahkan yang daunnya tampak jarang sekalipun, bisa memberikan kesan grafis – dengan mempertimbangkan pengguaan vas yang kecil.

6. Jangan pasang terlalu tinggi

Tempatkan hiasan dinding atau foto-foto dalam jarak pandang yang sejajar dengan mata,  atau sekitar 60 inci dari lantai.

7. Atur tata cahaya

Cahaya dapat mengubah rasa dan mood dari keseluruhan ruang. Aturlah pencahayaan dalam ruang supaya terasan nyaman. Tata cahaya merupakan elemen penting yang membuat setiap ruang tampil lebih indah dan berfungsi lebih efektif. Dengan cahaya, Anda dapat membuat ruang terasa nyaman untuk beraktifitas. Cahaya juga dapat membuat ruang jadi kalem sehingga cocok untuk relaksasi. Sebaliknya, pengaturan yang buruk akan membuat ruangan menjadi tidak nyaman untuk kedua kegiatan itu.

Menggunakan dimmer, intensitas cahaya dapat diatur sekehendak hati untuk memperoleh suasana yang sesuai mood. Keputusan apa pun yang Anda tetapkan, akan sangat berpengaruh terhadap segala aspek pada ruangan. Cahaya dan bayangan dapat membuat elemen dekoratif atau furnitur terlihat lebih indah.

Semoga Tips Memperindah Ruang Tamu Saat Hari Raya Idul Fitri ini bermanfaat untuk kita semua. Salam.

Source: Kompas