Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bagi para bunda yang sedang menyusui buah hati, berikut ini ada sedikit tips dan informasi bermanfaat cara diet sehat ibu menyusui untuk anda. Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, bukan berarti anda tidak bisa melakukan diet loh. Diet yang dimaksudkan disini tentu saja diet sehat tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan saat anda sedang menyusuai.

Cara Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Memang sebagai seorang ibu yang menyusuai, makan-makanan bergizi adalah suatu yang wajib ibu santap sehari-hari. Tentu saja hal ini sangat penting karena saat menyususi, asupan makan tak hanya untuk sang ibu sendiri tetapi juga untuk bayi yang disusuinya. Oleh karena itu jika ingin menjalankan diet, pilihlah diet sehat yang tetap akan bisa mencukupi asupan nutrisi serta vitamin bagi ibu dan bayi yang sedang menyusu padanya.

Lalu bagimanakah cara diet sehat untuk ibu menyusui tersebut?


  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dalam menu harian bunda. Selain itu tetap konsumsi sayur, susu skim, buah, biji-bijian serta daging dan telur untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh.
  • Batasi hingga sedikit sekali konsumsi makanan cepat saji ataupun junk food yang tidak memiliki gizi sama sekali
  • Saat menyusi memang bunda akan sering merasa lapar, oleh karena itu makanlah lebih sering namun dalam porsi kecil. Untuk menahan lapar, selipkan juga snack atau camilan sehat di sela-sela waktu makan.
  • Untuk membakar kalori semakin cepat, hindarilah stress dengan bermain bersama si kecil atau berjalan-jalan dan merawat kebun mungil anda.
  • Sususi bayi bunda hingga usia maksimal bayi menerima ASI atau sekitar 2 tahun. Menyusui bayi akan membantu bunda mendaptkan bentuk tubuh idel lebih cepat dan membakar kalori lebih banyak.
  • Lakukan olah raga ringan yang memang dikhususkan untuk ibu-ibu menyusui.
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh dan juga membuat pencernaan semakin bersih dan lancar.

Diet untuk ibu menyusui memaag sedikit berbeda dengan diet untuk wanita dalam kondisi selain itu. Namun selain cara diet sehat untuk ibu menyusui diatas, menyusui bayi sampai usia 2 tahun pun akan membantu bunda mendapatkan berta badan ideal kembali.