Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Format Hardisk Tanpa Masuk Ke Windows

Pada artikel kali ini, penulis akan mencoba memberikan info dan tips cara format hardisk tanpa harus masuk ke sistem Windows terlebih dahulu. Format hardisk memang hal yang wajar dilakukan oleh pemilik komputer PC atau laptop. Format hardisk memang sekali waktu harus dilakukan untuk beberapa keperluan antara lain meningkatkan performa laptop atau PC kita.

Tips Cara Format Hardisk

Dan bagi banyak orang melakukan format hardisk adaah hal yang biasa dikerjakan atau dilakukan untuk semakin memperbaiki performa dari perangkat komputer kita. Dan tentu saja bagi sebagian orang melakukan format hardisk harus masuk dahulu ke dalam sistem Windows atau istilahnya dalam keadaan komputer menyala terlebih dahulu. Namun bagimanakah jika kita ingin memformat hardisk tanpa harus masuk ke sistem Windows terlebih dulu?

Nah apakah ada tips cara format hardisk tanpa masuk ke sistem Windows terlebih dahulu atau dalam keadaan komputer mati? Tentu saja masih bisa dilakukan terutama jika kita memilki CD installer Windows XP dan Pc kita memang disetting dengan sistem operasi itu. Ya, CD instalasi Windows XP memang bisa digunakan untuk memformat hardisk bahkan jika komputer kita mati atau dengan kata lain tanpa harus masuk ke sistem Windows terutama drive C sendiri. Lalu bagaimanakah cara memformat hardisk tanpa harus masuk ke sistem Windows itu sendiri?

Nah berikut ini ada sedikit tips cara format hardisk yang mungkin bermanfaaat bagi anda

  • Setting booting komputer kita mengunakan CD atau DVD drive pada sistem bios
  • Masukan CD instalasi Windows XP ke dalam CD Drive, kemudian tunggu hingga proses komputer membaca CD selesai
  • Akan muncul kota dialog yang menanyakan dimanakah partisis dalam CD tersbut hendak kita instal. Untuk drive C tekan enter dan pastikan dalam kedaan belum di format
  • Kemudian akan muncul pilihan formating, lanjutkan dengan klik NTFS Quick yang akan melakukan proses format pada hardisk kita
  • Tunggu hingga selesai sampai muncul dialog box tentang pengcopyan dari CD intalsi XP komputer.
  • Saat pengcopyan berlangsung, matikan komputer kita dengan menekan tombol power
  • Hardisk komputer sudah terformat namun lakukan recovery dengan menggunakan CD Recovery.
Nah mudah bukan cara format hardisk tanpa harus masuk ke sistem Windows terlebih dahulu?