Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Latihan Vokal Yang Baik dan Benar

Cara latihan vokal yang baik dan benar harus dimulai dari dasar-dasarnay lebih dahulu. Untukbisa menyanyi dengan merdu dan baik serta benar, tentu saja ada latihan-latihan dasar yang anda perlu perhatikan. Sebagaimana kita tahu bahwa teknik vokal adalah hal yang utama di bidang tarik suara khsusunya menyanyi. Namun kita tentu sering mendengar seorang dengan suara merdu tapi tidak pas dnegan nada-nada musik yang dimainkan.

Cara Latihan Vokal Yang Baik dan Benar

Ya karena mereka itu tidak berlatih vokal dengan baik dan benar. Padaal berlatih vokal yang baik dan benar adalah modal utama agar suara menjadi bagus dan enak didengar. Kita mungkin sering mendengar istilah suara bagus tapi tidak mengerti vokal. Tentu saja ini sangat disayangkan sekali karena jika saja seseorang itu mau berlatih vokal yang baik dan benar suaranya bisa lebih menakjubkan lagi. Apalagi kini banyak sekali ajang pencarian bakat menyanyi di televisis-televisi yang bisa dicoba sehingga jika suara bagus dan vokal mumpuni digabungkan, maka bisa membuat para juri terkesan.

Nah bagi anda yang tertarik dengan dunia tarik suara, berikut ini penulis memiliki artikel cara latihan vokal yang baik dan telah disaring dari berbagai sumber. Tentu saja jika anda ingin mendapat kualitas vokal yang lebih baik, maka berlatih kepada para mentor yang sudah ahli adalah suatu kewajiban disini. Apalagi sekarang banyak sekali kursus vokal yang dilatih oleh mereka yang telah berpengalaman di bidang ini.

Dan bagi anda yang ingin tahu dasar cara latihan vokal yang baik dan benar, berikut ini bisa Anda ikuti

  • Perhatikan keselerasan suara atau blending. Keselarasan suara atau vokal dengan musik adalah hal yang snagat penting. Oleh akrena itu sebagai dasar, latihlah keselerasan atau blending vokal anda terutama dengan jenis musik yang anda sukai.
  • Latih pernafasan anda. Vokal erat kaitannya dnegan teknik pernafasan. Untuk mendapat vokal yang bagus, ringan namun berkarakter, pernafasan perut adalah yang paling dianjurkan disini. Selain itu berlatih pernafasan juga akan melatih teknik vokal anda agar bisa mengtasi nada-nada yang tinggi atau terlalu rnedah.
  • Latih tenaga vokal anda. Melatih tenaga vokal akan mendatangkan suara yang powerful dan berkarakter. Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah mencoba meniup lilin dari jarak1,5 meter hingga padam. Lakukan 20-30 kali sehari untuk melatih power vokal anda.
  • Sering senandungkan lagu. Untuk mendapat karakter suara yang jernih, sering-seringlah mengumandangkan lagu terutama dalam bunyi M atau mengatupkan mulut.
  • Sering-sering berlatih. Jangan muda menyerah dan sering-seringlah berlatih agar kemampuan vokal anda semakin meningkat.
  • Semoga dasar cara latihan vokal diatas bermanfaat bagi anda berlatih tarik suara.