Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Qodho Sholat Yang Baik dan Benar

Bagi anda seorang muslim yang sudah baligh serta berkewajiban untuk melaksanakan ibadah lima waktu, berikut ini ada tips cara qodho sholat yang baik dan benar. Sholat adalah kewajiban seorang muslim yang sudah dewasa atau baligh. Hukum sholat sendiri adalah Fardu A’in atau wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Allah telah menjanjikan azab yang berat bagi mereka yang hobi meninggalkan shalat. Bahakan shalat dijadikan sebagai tiang agama. Artinya jika seornag muslim tidak melaksanakan kewajibannya untuk sholat, maka runtuhlah agamanya sehingga ahlak dan moralnya pun perlu dipertanyakan.

Cara Qodho Sholat Yang Baik dan Benar

Lalu bagaimana jika kita meninggalakan sholat karena tidak sengaja, tertidur atau lupa? Mengqodho sholat adalah jawabannya. Dan bagimanakah cara qodho sholat itu sendiri? Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW “Barang siapa yang lupa mengerjakan sholat, maka hendaklah ia melaksanakannya jika telah mengingatnya, tidak ada tebusan baginya kecuali itu." (Shohih Bukhori, no.597 dan Shohih Muslim, no.684).

Pada riwayat hadis lain juga disampikan bahwa jika kita lupa secara tidak sengaja untuk melakukan sholat, maka qodho adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh seorang muslim. “Apabila salah seorang dari kalian tertidur hingga luput dari mengerjakan satu shalat atau ia lupa, maka hendaklah ia menunaikan sholat tersebut ketika ia ingat." (Shohih Muslim, no.684). Jadi intinya mengqodho sholat adalah kewajiban jika kita tanpa sengaja meninggalkan salah satu dari sholat lima waktu tersebut.

Lalu bagaimanakah cara qodho sholat yang baik dan benar tersebut?

  • Pertama segerakan untuk melaksanakannya. Artinya jika kita tidak sholat subuh lataran ketiduran, maka wajib bagi kita untuk segera melakukan sholat qodho begitu ingat atau terbangun.
  • Kedua, berwudu terlebh dahulu atau mandi jika anda berhajat besar
  • Ketiga, niat sholat qodho. Misalnay jika and amengqodho sholat shubuh, niatnya seperti ini Usholli Fardlosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati qadhaa-an lillaahi ta'aala.(Aku niat melakukan shalat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, karena qadha, karena Allah ta'ala).
  • Keempat, lakukan sholat sebagaimana biasanya. Artinya jika anda ketinggalan sahalat subuh maka lakukan sholat dua rakaat dan begitu dengan sholat-sholat lainnya sesuai dengan rukun-rukunnya.
Islam itu mudah namun jangan dipermudah. Artinya meski anda boleh mengqodho sholat, bukan berati anda bisa setiap saat melakukan qodho sholat. Sholat tepat waktu tetap yang paling utama dan paling besar pahalanya bagi anda umat muslim yang beriman. Dan semoga tips cara qodho sholat yang baik dan benar diatas bisa bermanfaat untuk anda.